Susu Rendah Laktosa Untuk Bayi di Atas 1 Tahun

Susu Rendah Laktosa untuk Bayi diatas 1 tahun
Susu Rendah Laktosa untuk Bayi diatas 1 tahun

Air Susu Ibu pada umumnya diberikan kepada bayi minimal sampai bayi berumur 6 bulan. Akan tetapi sebuah penelitian membuktikan bahwa rata-rata Ibu tidak lagi memberikan ASI kepada bayinya saat bayi sudah berumur di atas dua belas bulan. Setelahnya, si Ibu akan memberikan susu formula sebagai penggantinya. Susu formula yang biasa dianjurkan adalah susu rendah laktosa untuk bayi di atas 1 tahun, terlebih untuk anak / bayi yang memiliki intoleransi terhadap laktosa.

Pemberian susu formula harus disesuaikan dengan umur dan kondisi anak, sebab ada beberapa zat yang diperbolehkan dikonsumsi bayi hanya saat sudah mencapai usia tertentu. Misalnya laktosa, sistem pencernaan bayi yang belum sepenuhnya sempurna, tidak mampu menyerap zat tersebut dalam jumlah banyak. Jika dipaksakan, maka bayi akan mengalami diare. Untuk itu, pilihan susu rendah laktosa untuk bayi di atas 1 tahun adalah yang paling tepat.

Intoleransi Laktosa

Laktosa merupakan suatu zat yang terkandung dalam susu yang berbentuk disakarida dari zat gula (karbohidrat) dan dipecah menjadi galaktosa dan glukosa. Tidak semua tubuh manusia dapat menyerap zat tersebut dengan baik, akibatnya timbulah suatu kelainan yang disebut dengan Intoleransi Laktosa. Jika zat terminum, akan timbul gejala alergi seperti perut kembung, diare, kram, mual, dan begah.

Apa perbedaan Intoleransi Laktosa dan alergi susu? Meskipun keduanya bisa mengakibatkan efek yang sama, namun sebetulnya sangat berbeda. Intoleransi terjadi karena bayi sulit mencerna laktosa, sedangkan alergi susu sapi biasa terjadi karena jenis protein seperti kasein dan whey yang terkandung di dalamnya menyebabkan masalah di tubuh bayi. Sehingga penanganannya pun akan berbeda.

Bagaimana Cara Mengenali Susu Rendah Laktosa Untuk Bayi di Atas 1 Tahun?

Mungkin Anda masih bingung dan tidak tahu bagaimana cara mengenali susu formula dengan tingkat kandungan laktosa rendah. Berikut adalah tipsnya:

  1. Baca kemasan dengan detail dan seksama, biasanya terdapat tulisan LF (Lactose Free), NL (None Lactose) atau sejenisnya.
  2. Cermati bagian komposisi susu, pastikan tidak ada kandungan laktosa di dalamnya.
  3. Pilihlah susu yang merupakan rekomendasi para ahli atau yang sudah teruji.
  4. Konsultasikan dengan dokter, tanyakanlah produk susu rendah laktosa seperti apa yang cocok untuk anak Anda.
  5. Segala macam informasi kini dengan mudah ditemukan via internet. Jangan ragu untuk banyak mencaritahu di website-website kesehatan terpercaya atau bertanya secara online dengan ahlinya.
  6. Bila teranjur dikonsumsi, maka feses anak akan cair (diare), berbusa, dan bau asam. Setelahnya, jangan berikan lagi susu yang sama.

10 Rekomendasi Susu Rendah Laktosa Untuk Bayi di Atas 1 Tahun

Semakin hari, semakin banyak produk susu formula yang beredar di pasaran. Sebagai Ibu yang cerdas, memilih susu terbaik untuk bayinya merupakan hal wajib. Mempertimbangkan kualitas susu lebih penting daripada memilih produk susu berdasarkan harga. Susu yang paling mahal belum tentu paling baik untuk bayi Anda, begitu juga sebaliknya. Susu yang berharga murah belum tentu kualitasnya rendah.

Di bawah ini adalah sepuluh rekomendasi susu rendah laktosa untuk bayi di atas 1 tahun, penjelasannya sebagai berikut:

  1. Nutrilon Royal Soya 3 ActiDuoBio +

    Susu Rendah Laktosa untuk Bayi diatas 1 tahun_Nutrilon Royal Soya 3 ActiDuoBio +
    Nutrilon Royal Soya 3 ActiDuoBio

Produk unggulan dari nutricia ini berformulasi soya atau susu kedelai yang dilengkapi dengan ActiDuoBio + untuk menjaga anak dari serangan bakteri dan infeksi. Susu ini lebih aman dan lebih baik dari varian produk sejenis karena dapat dikonsumsi oleh bayi yang alergi terhadap protein susu sapi. Kandungan minyak ikan dan asam aminonya juga mendukung pertumbuhan dan kemampuan berpikir si Kecil.

  1. Nutrilon Royal Pronutra +

    Susu Rendah Laktosa untuk Bayi diatas 1 tahun_Nutrilon Royal Pronutra +
    Nutrilon Royal Pronutra +

Susu formula ini mengandung Omega 6 dan Zat Besi yang diformulakan khusus demi meningkatkan kemampuan berfikir anak. Selain itu, Vitamin E, Vitamin C, FOS, dan GOS yang terdapat dalam susu ini dipercaya dapat memperkuat daya tahan tubuh. Tersedia dalam dua macam rasa, madu dan vanilla.

  1. S-26 Procal Gold

    Susu Rendah Laktosa untuk Bayi diatas 1 tahun_S-26 Procal Gold
    S-26 Procal Gold

Wyeth mengeluarkan produk susu formula yang mengandung nutrisi lengkap yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak. Oligrofruktosa yang berguna untuk melancarkan pencernaan, Vitamin B Kompleks untuk pembentukan jaringan, Omega 3 & 6-nya yang membantu dalam pembentukan membrane sel otak. Produk ini tersedia dalam berbagai ukuran, muali dari 400 gr – 1400 gr.

  1. Morinaga Chil Mil

    Susu Rendah Laktosa untuk Bayi diatas 1 tahun_Morinaga Chil Mil
    Morinaga Chil Mil

Morinaga Chil Mil terdiri dari banyak varian, yaitu Chil Mil P-HP, Chil Mil Platinum, Chil Mil Platinum Moricare, dan Chil Mil Regular. Chil Mil Platinumlah yang kandungan vitamin dan nutrisinya lebih besar. Zat penting yang ada dalam susu ini diantaranya AA & DHA, Kalsium, Laktoferin, Laktulosa, dan Kolin. Protein dalam susu ini diproses secara enzimatik sehingga dapat membantu mengurangi hipersensitivitas.

  1. Nestle Lactogrow 3 Happynutri

    Susu Rendah Laktosa untuk Bayi diatas 1 tahun_Nestle Lactogrow 3 Happynutri
    Nestle Lactogrow 3 Happynutri

Adalah susu formula yang diperuntukan usia 1-3 tahun, diformulasikan di Switzerland dan merupakan rekomendasi dari para ahli. . Tersedia dalam dua varian rasa, madu dan plain. Susu ini mengendung dua belas vitamin, tujuh mineral, lactobacillus reutri, dan minyak ikan. Juga terdapat thiamin dan riboflavin yang berfungsi sebagai koenzim untuk pembentukan energi.

  1. Frisian Flag Jelajah Suprima

    Susu Rendah Laktosa untuk Bayi diatas 1 tahun_Frisian Flag Jelajah Suprima
    Frisian Flag Jelajah Suprima

Diformulasikan untuk balita usia 1 – 3 tahun. Susu formula yang enak dan bergizi tinggi. Protein, Lemak, Karbohidrat, Yodium, Selenium, Serat pangan Inulin, dan 14 sumber vitamin diproduksi secara modern dalam susu tersebut. Yang membuat susu ini berbeda ialah, kandungan ISOMALTULOSA-nya. Harganya terjangkau, dan mudah di dapat di toko-toko terdekat.

  1. Enfagrow A+ Gentle Care

    Susu Rendah Laktosa untuk Bayi diatas 1 tahun_Enfagrow A+ Gentle Care
    Enfagrow A+ Gentle Care

Dibuat dengan teknologi modern Partially Hydrolyzed Protein atau PHP di Belanda yang berhasil membuat produk ini menjadi susu yang mudah dicerna oleh anak. Mengandung Omega 3, Kalsium, Omega 6, Vitamin B1, Omega 6, Protein, Vitamin B12, dan Vitamin B6. Perpaduan komposisi sempurna pada susu ini dapat merangsang kinerja otak dan membantunya dalam beraktivitas.

  1. Dancow Advanced Excelnutri 1+

    Susu Rendah Laktosa untuk Bayi diatas 1 tahun_Dancow Advanced Excelnutri 1+
    Dancow Advanced Excelnutri 1+

Dilengkapi dengan lactobacillus rhamnosus yang baik untuk perkembangan otak anak. Produk jenis ini merupakan inovasi terbaru dari Dancow yang telah melalui proses research di Swiss. Berbagai kandungan vitamin dan mineral di dalamnya dapat merangsang perkembangan otak anak dan membantunya dalam bereksplorasi di masa emasnya.

  1. SGM Eksplor 1 Plus

    Susu Rendah Laktosa untuk Bayi diatas 1 tahun_SGM Eksplor 1 Plus
    SGM Eksplor 1 Plus

Susu pertumbuhan bagi anak usia 1 – 3 tahun. Diperkaya asam linoleat, Omega 6, dan Protein yang menjadi nutrisi utama untuk laju pertumbuhan si Kecil. Di dalamnya terdapat zat-zat terbaik tulang, seperti Zat Besi, Kalsium, dan Zinc. SGM Eksplor 1 Plus juga mengandung banyak Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kulit anak. Baca juga : Ternyata Susu SGM bisa diminum untuk anak kambing?

  1. Nestle Nan Lactose – Free

    Susu Rendah Laktosa untuk Bayi diatas 1 tahun_Nestle Nan Lactose – Free
    Nestle Nan Lactose – Free

Kaya dengan protein bebas laktosa yang berfungsi sebagai susu formula. Sama sekali tidak mengandung zat yang dapat membahayakan lambung anak, mudah dicerna, dan tidak menimbulkan mulas maupun kembung. Mengandung Probiotik Bifidus BL untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dan melancarkan sistem pencernaan.

 

3 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*