Susu Kental Manis, Manfaat dan Bahayanya ?

Susu Kental Manis
Susu Kental Manis

Apa itu Susu Kental Manis ?

Susu kental manis dikenal juga dengan nama SKM. Susu kenal manis adalah susu sapi yang airnya dihilangkan dan ditambahkan gula, sehingga menghasilkan susu yang sangat manis rasanya dan dapat bertahan selama satu tahun bila tidak dibuka. 

Susu kental manis yang sudah banyak beredar di masyarakat selama ini umumnya digunakan sebagai topping atau campuran dalam makanan dan minuman, bahkan beberapa masyarakat juga mengonsumsinya setiap hari dan memberinya untuk anak. Susu kental manis sering ditambahkan pada hidangan penutup, seperti kue atau minuman es agar rasanya semakin enak.

Susu Kental Manis
Susu Kental Manis

Padahal, tidak sama seperti susu bernutrisi atau susu pertumbuhan, susu kental manis lebih banyak mengandung gula dibandingkan lemak dan protein yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan menambah asupan gizi.

Susu Kental Manis Bukan Produk Susu?

Belakangan ini marak beredarnya kabar bahwa susu kental manis yang ternyata bukan susu. Sebagian dari kalian pasti merasa kaget, apalagi buat pecinta susu manis. Baru-baru ini susu kental manis tampaknya menjadi topik perbincangan banyak orang. Banyak orang salah kaprah mengenai susu kental manis itu sendiri.

Susu Kental Manis

Pakar kesehatan menyebut susu sebagai produk yang dihasilkan oleh kelenjar susu yang biasanya ada pada mamalia. Manusia sendiri termasuk dalam golongan manusia sehingga kaum hawa tentu mampu memproduksi ASI yang sangat menyehatkan. Hal ini berarti, beberapa jenis susu yang terbuat dari bahan nabati layaknya susu kedelai ternyata tidak bisa diklaim sebagai produk susu meskipun memiliki rasa dan bentuk yang sama layaknya susu.

Susu Kental Manis

Uniknya, banyak pakar kesehatan yang justru menilai susu kental manis dengan wadah kaleng itu ternyata juga termasuk dalam golongan yang sama dengan susu kedelai, yakni bukan merupakan produk susu. Lalu, bagaimana dengan kabar yang sempat beredar bahwa susu kental manis bukanlah susu? Apakah hal tersebut benar ?

Susu Kental Manis

Baca Juga :  Susu Full Cream Untuk Menambah Berat Badan

Kandungan Susu Kental Manis

Susu kental manis umumnya mengandung tidak kurang dari 28% padatan susu dan 8% lemak susu. Selain itu, juga mengandung gula tambahan, dekstrosa, glukosa, dan laktosa dalam berbagai kombinasi. Tak ketinggalan, untuk meningkatkan nilai gizinya, tak jarang susu kental manis ditambahkan vitamin D dan vitamin A. Walaupun juga mengandung beberapa vitamin dan mineral, bukan berarti susu kental manis bisa dikonsumsi setiap hari untuk membantu meningkatkan asupan gizi orang dewasa.

Ingat, susu kental manis tidak sama dan bukan pengganti susu sapi biasa yang lebih padat gizi. Itulah mengapa orang dewasa sebenarnya tidak disarankan untuk minum susu kental manis setiap hari. Mengingat kandungan gula yang cukup tinggi dalam susu kental manis, konsumsi susu kental manis setiap hari mungkin bisa menyebabkan berat badan naik dan meningkatkan risiko diabetes.

Kandungan gula dalam susu kental manis dapat menyumbang gula berlebih bagi tubuh. Lagipula, walaupun umumnya mengandung vitamin D dan vitamin A, tapi susu kental manis tetap tidak bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi harian orang dewasa. Susu kental manis lebih cocok dikonsumsi sebagai makanan atau minuman yang sifatnya tidak pokok atau sebagai pelengkap makanan.

Susu Kental Manis

Manfaat Susu Kental Manis

1. Manfaat susu kental manis untuk tubuh

  • Mendukung kebutuhan asupan gizi : Bukan hanya kalsium, kandungan susu kental manis pun terdiri dari beragam gizi makro dan mikro yang dibutuhkan oleh tubuh. Gizi makro yang dimaksud terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Kemudian untuk gizi mikro terdiri dari vitamin dan mineral.
  • Memperbaiki kualitas tidur : Mengonsumsi susu bisa meningkatkan kualitas tidur, apalagi jika dikonsumsi pada malam hari. Sama seperti produk susu sapi lainnya, asam amino juga terdapat dalam kandungan susu kental manis.

2. Manfaat susu kental manis untuk wajah

  • Mencerahkan wajah
  • Mengencangkan kulit
  • Menghilangkan flek hitam
  • Menghilangkan mata panda
  • Mencegah penuaan dini

BPOM Susu Kental Manis

Tahun 2018, ada laporan mengenai susu kental manis. Mereka menganggap bahwa susu kental manis sama sekali tidak mengandung susu. Namun, BPOM kembali memastikan bahwa susu kental manis mengandung susu dan tetap aman untuk di konsumsi. Apakah masih ada manfaat jika meminum susu kental manis ini ?

Dikutip dari laman Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI, susu kental manis merupakan salah satu jenis susu yang mengandung kadar lemak susu setidaknya 8 persen dan kadar protein sekitar 6,5 persen.

Susu kental manis diproduksi ketika susu manis dibuang airnya menjadi setengah volumenya (dikondensasi). Gula sengaja ditambahkan di awal maupun selama proses kondensasi ini sebagai pengawet. Kandungan gula yang tinggi selama proses produksi dapat meningkatkan tekanan osmotik sehingga sebagian mikroorganisme dalam susu bisa mati.

Mengenai hal ini, sebenarnya BPOM sudah mengaturnya dalam Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan No. 21 Tahun 2016 tentang Kategori Pangan. Dijelaskan juga bahwa susu kental manis adalah produk susu yang menghilangkan sebagian air, sehingga berbentuk cairan kental.

Adanya kabar susu kental manis yang ternyata bukan susu membuat banyak orang mungkin mengurungkan niatnya untuk minum susu kental manis lagi. Adakah bahayanya ?

Susu Kental Manis

Bahaya / Resiko Meminum Susu Kental Manis

  1. Obesitas
    Mengonsumsi susu kental manis secara berlebihan akan meningkatkan risiko diabetes dan obesitas pada anak-anak.
  2. Merusak Gigi
    Selain diabetes dan obesitas, asupan gula secara berlebihan akan merusak gigi pada anak-anak.
  3. Gizi Buruk
  4. Kerdil (stunting)

Nah, itu dia sekilas ulasan mengenai kandungan susu kental manis, bpom, manfaat dan bahaya dari susu kental manis. Semoga bermanfaat untuk Anda!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*