Manfaat Susu Jahe Merah dan Cara Membuatnya

Manfaat Susu Jahe Merah dan Cara Membuatnya
Susu Jahe Merah

Susu Jahe Merah – Saat musim hujan tiba atau cuaca sedang dingin, maka yang ingin kita lakukan adalah menikmati makanan atau minuman hangat. Salah satu minuman hangat yang pas dikonsumsi saat cuaca dingin adalah susu campur dengan jahe hangat. Seperti yang kita tahu bahwa susu bermanfaat bagi tubuh, dan bagus untuk kesehatan.

Tetapi sama halnya dengan jahe juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, jahe juga sering digunakan untuk bahan minuman hangat. Khususnya jahe merah yang memiliki sedikit rasa pedas, dan sudah dipercaya sebagai bahan herbal sejak zaman dahulu. Maka dari itu minuman kesehatan susu jahe merah juga dipercaya memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Baca Juga : Ternyata ada Manfaat Keren dibalik Susu Cap Beruang

Baca Juga : Susu Kambing Etawa Bisa didapatkan dengan Mudah di Alfamart

Susu dan jahe menjadi kombinasi yang tepat untuk minuman hangat, karena keduanya mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Walaupun sudah banyak susu dan jahe merah instan yang langsung diseduh, namun lebih baik anda membuat ramuan susu dan jahe merah sendiri di rumah. Karena menggunakan bahan yang alami dan tidak menggunakan bahan pengawet apapun.

Manfaat Susu Jahe Merah Bagi Kesehatan

Susu jahe merah ini tidak hanya mampu menghangatkan tubuh saja, tetapi manfaatnya ternyata sangat banyak untuk tubuh kita. Karena ramuan susu yang dipadukan dengan jahe merah, dipercaya dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan atau mengatasi beberapa jenis penyakit. Apalagi susu dan jahe merah kini banyak dijual di pasaran sehingga tidak sulit mendapatkannya.

Beberapa manfaat dari susu yang dipadukan dengan jahe merah diantaranya yaitu :

  1. Sebagai obat anti mabuk
    Jika anda adalah tipe orang yang memiliki kebiasaan mabuk kendaraan saat di perjalanan, sebaiknya sebelum mulai melakukan perjalanan anda mengkonsumsi susu dan jahe merah terlebih dahulu. Karena susu dan jahe merah ini akan membuat tubuh anda menjadi rileks, sehingga dapat menyeimbangkan tubuh dan otak agar
    tidak muncul rasa mual.
  2. Mengatasi tenggorokan yang gatal
    Bakteri dan kuman yang muncul di tenggorokan dapat menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan, sehingga munculah penyakit batuk, pilek atau panas dalam yang mengganggu. Jika anda merasa gatal tenggorokan, maka segeralah minum susu jahe merah agar tenggorokan menjadi lega dan anda terhindar dari batuk, pilek
    atau panas dalam.
  3. Mengatasi masuk angin
    Masuk angin adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering kita alami ketika musim hujan tiba. anda dapat mengatasi gejala masuk angin dengan mengkonsumsi campuran susu dan jahe merah. Dengan mengkonsumsi susu dan jahe merah tersebut maka tubuh anda akan terasa hangat, dan segar kembali.
  4. Meningkatkan daya tahan tubuh
    Manfaat lainnya dari susu jahe merah ini adalah meningkatnya daya tahan tubuh, karena jika daya tahan tubuh anda kuat maka anda tidak akan mudah terserang penyakit atau gangguan kesehatan apapun.
  5. Menyehatkan jantung
    Konsumsi susu dan jahe merah secara rutin dan teratur akan mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Dengan begitu maka anda akan terhindar dari penyakit stroke atau jantung. Jelas sekali bahwa paduan susu dan jahe merah ini akan membuat jantung anda selalu tetap sehat.
  6. Mengurangi pusing atau sakit kepala
    Rasa pusing di kepala kerap terjadi pada siapa saja dengan beberapa faktor atau penyebab yang berbeda-beda. Dengan mengkonsumsi susu dan jahe merah tersebut maka anda akan lebih tenang dan rileks, sehingga mengurangi atau menghilangkan rasa pusing di kepala. Karena efek dari jahe merah ini adalah mampu mengalirkan darah ke otak dengan maksimal.
  7. Mengurangi nyeri saat menstruasi
    Rasa sakit atau nyeri saat menstruasi tiba pada wanita merupakan hal yang biasa terjadi, namun jika nyeri terjadi terus menerus maka hal itu akan sangat mengganggu. Oleh sebab itu anda harus mencoba meminum susu jahe merah hangat, ketika terasa nyeri saat menstruasi. Karena susu dan jahe merah bisa menjadi ibuprofen alami saat menstruasi.
  8. Mencegah munculnya morning sickness
    Morning sickness atau muntah dan mual di pagi hari saat hamil, biasanya akan mengganggu aktivitas kita. Jika anda mengalaminya maka anda bisa meminum susu dan jahe merah hangat untuk mencegah atau menghilangkan rasa mual di pagi hari. Karena kondisi setiap ibu hamil berbeda-beda, anda bisa mengkonsultasikan dulu dengan dokter.
  9. Osteoarthritis
    Osteoarthritis atau peradangan sendi biasa terjadi pada orang yang sudah lanjut usia, walaupun untuk beberapa remaja atau orang dewasa pun pernah mengalami. Anda bisa mengkonsumsi susu dan jahe merah untuk mengatasi peradangan sendi tersebut, lakukan dengan teratur untuk hasil yang maksimal.
  10. Mengatasi rasa mual setelah operasi
    Bagi sebagian orang yang sudah melakukan operasi biasanya akan mengalami rasa mual, akibat dari obat bius. Jika hal ini terjadi pada anda maka anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi susu jahe merah, untuk membuat perut menjadi lebih nyaman dan menghilangkan rasa mual.
  11. Mencegah terjadinya penggumpalan darah di dalam tubuh
    Ternyata susu dan jahe merah mampu melancarkan aliran darah di dalam tubuh, karena jika peredaran darah lancar maka kerja organ tubuh kita akan lebih baik lagi. Kita pun akan terhindar dari segala macam penyakit misalnya jantung dan stroke.
  12. Membantu melancarkan air susu ibu
    Bukan hanya baik untuk ibu hamil tapi susu jahe merah ini juga baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Kandungan jahe merah terbukti mampu membuat ASI menjadi lebih lancar, sehingga ibu dan bayinya pun akan menjadi lebih sehat. Namun lebih baik anda membuat campuran susu dan jahe merah dengan meraciknya sendiri, tidak menggunakan yang instan.

Cara Membuat Susu Jahe Merah

Anda bisa membuat sendiri ramuan atau racikan susu dan jahe merah di rumah dengan beberapa cara berikut ini

1. Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, yang terdiri dari :

  • 1 ons jahe merah
  • 2 keping gula aren
  • 250 ml susu kental manis putih
  • 1 bungkus krimmer
  • 8 gelas air mineral

2. Berikut tahapan dan cara membuat susu jahe merah, yaitu :

  • Kupas jahe merah terlebih dahulu, kemudian cuci sampai bersih.
  • Memarkan jahe merah tersebut hingga pipih.
  • Masukkan 8 gelas air mineral yang telah disiapkan ke dalam panci.
  • Masak sampai mendidih, dan jangan lupa memasukkan gula aren ke dalamnya. Aduk terus menerus sampai gula aren larut dan merata dengan air.
  • Jika sudah mendidih matikan api terlebih dahulu kemudian masukkan krimmer ke dalamnya.
  • Tunggu sebentar sampai air campuran susu dan jahe merah tersebut dalam keadaan hangat.

Ramuan susu dan jahe merah ini memang sudah dibuktikan secara medis dan menurut beberapa penelitian, bahwa minuman hangat tersebut mampu mengatasi berbagai penyakit. Seperti misalnya influenza, bronchitis, rematik, sakit perut, impotensi, asma, dan masih banyak lagi.

Sumber Gambar : https://rebellinasanty.blogspot.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*