Pengganti Susu untuk Anak Kucing

Pengganti Susu untuk Anak Kucing

Kucing adalah mamalia yang termasuk dalam kingdom Animalia, filum Chordata, famili Felidae, dan genus Felis. Nama latin untuk spesies kucing adalah Felis Catus. Kucing masuk dalam kelompok hewan karnivora atau hewan pemakan daging. Kucing berkembang biak dengan cara melahirkan dan kemudian induk kucing akan menyusui anaknya. Namun saat induk kucing tidak mau menyusui anaknya, Anda bisa memberikan pengganti susu untuk anak kucing yaitu susu formula.

Jenis Jenis Ras Kucing

  1. Ocicat

Ocicat adalah salah satu ras kucing yang merupakan hasil persilangan dari ras kucing domestik dan ras kucing domestik yang liar. Pola bulu yang dimiliki ras ini adalah tutulnya yang menyerupai kucing liar. Ras kucing ini berasal dari Michigan, Amerika Serikat. Ras ocicat memiliki bulu warna cokelat kemerahan dan bintik bintik dan garis hitam seperti tutul.

  1. Manx

Ras kucing Manx berasal dari pulau kecil di Inggris yaitu pulau Isle of Man. Ras ini terbentuk secara alami tanpa persilangan. Ciri utamanya adalah kucing ras manx memiliki ekor pendek atau tidak mempunyai ekor sama sekali, dan memiliki  bulu yang pendek. Ukuran kucing ras manx sangat pendek dibandingkan dengan ras lain dengan kepala bundar dan pipi yang menonjol.

  1. Maine Coon

Ras kucing maine coon berasal dari Amerika Serikat dan adalah keturunan ras kucing anggora dan american shorthair. Kucing ras ini memiliki bulu yang tebal di seluruh tubuhnya hingga ke ekor. Ras maine coon terkenal memiliki tubuh yang besar dan panjang. Beratnya bisa mencapai9 kilogram dan panjangnya bisa mencapai 1 meter. Ciri khas lainnya dari ras ini adalah bentuk kepala dan bulu di leher yang menyerupai singa.

  1. British shorthair

British shorthair adalah jenis ras kucing yang berasal dari Inggris. Kucing jenis ini memiliki badan berukuran sedang hingga besar. Kepalanya bulat dan besar, memiliki pipi yang lebar dan mata yang lebar juga. Bulunya pendek dan tebal dengan beberapa variasi warna yaitu hitam, biru, putih, merah, cream, dan cinammon. Bulunya pendek dan halus, membuat kucing terlihat seperi bantal.

Langkah awal untuk merawat anak kucing adalah memberikannya susu dari induknya. Akan tetapi, Anda bisa juga memberikan pengganti susu untuk anak kucing yang berupa susu formula khusus untuk anak kucing. Banyak sekali jenis dan variasi susu formula untuk kucing yang dijual di pasaran, dengan kisaran harga yang bervariasi. Pilihlah jenis susu yang sesuai untuk kucing yang Anda pelihara.

Baca Juga : Susu SGM untuk Anak Kambing

Jenis Jenis Susu Formula untuk Kucing

  1. Whiskas Milk for Cat

    Pengganti Susu untuk Anak Kucing_Whiskas Cat Milk
    Whiskas Cat Milk

Selama ini merek Whiskas hanya dikenal sebagai merek makanan kucing. Namun ternyata, merek Whiskas juga memproduksi susu formula untuk kucing yang mengandung gizi dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan anak kucing. Susu formula whiskas milk for cat dibuat rendah laktosa, namun kaya akan protein, serat, dan kalsium. Susu ini sangat cocok bagi anak kucing yang membutuhkan  banyak nutrisi.

  1. Susu Growssy

    Pengganti Susu untuk Anak Kucing_Growssy
    Growssy

Growssy adalah salah satu merek susu formula untuk kucing. Susu growssy tidak hanya ditujukan untuk anak kucing, namun juga bisa diberikan untuk kucing dewasa. Susu formula ini mengandung kandungan kalsium yang tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan tulang anak kucing sehingga tulangnya berkembang dengan baik dan menjadi kuat.

  1. Susu KMR Powder

    Pengganti Susu untuk Anak Kucing_KMR Powder
    KMR Powder

Susu formula KMR Powder adalah susu formula yang cocok untuk semua jenis ras kucing, baik kucing kampung maupun kucing ras persia, anggora, dan yang lainnya. Pengganti susu untuk anak kucing ini sangat kaya akan nutrisi dan kandungan gizinya sangat lengkap. Susu formula KMR powder sama sekali tidak mengandung laktosa sehingga sangat baik diberikan untuk anak kucing.

  1. Susu Top Growth Kitten

    Pengganti Susu untuk Anak Kucing_Top Growth Kitten
    Top Growth Kitten

Susu formula Top Growth Kitten adalah susu formula yang dibuat khusu untuk anak kucing yang tidak disusui induknya. Mengandung kaya nutrisi untuk anak kucing. Selain itu, susu top growth kitten juga dilengkapi formula khusus yang menghasilkan antibodi untuk anak kucing yang seharusnya didapatkan oleh anak kucing dari induknya. Susu formula ini dapat dengan mudah Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau.

  1. Susu Beaphar Lactol Kitty

    Pengganti Susu untuk Anak Kucing_Beaphar Lactol Kitty
    Beaphar Lactol Kitty

Jenis susu formula untuk kucing lainnya adalah susu beaphar lactol kitty. Susu ini berbentuk bubuk sehingga harus dicairkan terlebih dahulu sebelum diberikan. Susu ini dibuat untuk anak kucing yang baru lahir sebagai pengganti susu dari induknya. Susu ini sangat kaya akan nutrisi yang di butuhkan anak kucing untuk bisa tumbuh dan bertahan hidup.

  1. Susu Hartz Precision Nutrition

    Pengganti Susu untuk Anak Kucing_Hartz Precision Nutrition
    Hartz Precision Nutrition

Susu hartz adalah variasi lain dari pengganti susu untuk anak kucing. Bisa dibilang jenis ini adalah paket lengkap karena susu hartz mengandung protein dan lemak yang tinggi, berbeda dengan susu sapi. Kandungan protein dan lemak ini sangat dibutuhkan oleh anak kucing. Susu ini juga mengandung vitamin dan kalsium yang mendukung pertumbuhan anak kucing, juga mengandung asam linoleic yang berguna untuk kulit dan bulu kucing.

  1. Susu Dr. Clauder Cat Milk Powder

    Pengganti Susu untuk Anak Kucing_Dr. Clauder Cat Milk Powder
    Dr. Clauder Cat Milk Powder

Susu Dr. Clauder Milk Powder adalah susu formula untuk kucing yang berbentuk bubuk. Susu ini sangat kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing. Dan dibuat secara optimal sehingga mampu dicerna dengan baik oleh kucing. Susu ini bisa diminum oleh semua jenis ras dan semua usia kucing. Bisa untuk anak kucing, kucing dewasa, maupun yang sudah tua.

  1. Susu Cattyman Milk Low Fat

    Pengganti Susu untuk Anak Kucing_Cattyman Milik Low Fat
    Cattyman Milik Low Fat

Susu Cattman milk low fat ini seperti namanya, mengandung kandungan lemak yang rendah. Susu formula ini hanya cocok diberikan untuk anak kucing dengan usia lebih dari 1 tahun. Sebaiknya susu ini tidak diberikan kepada anak kucing yang masih kecil karena kandungan lemaknya kurang mencukupi. Seperti susu formula lainnya, susu ini juga kaya akan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh kucing.

  1. Susu Nutrivet Replacement

    Pengganti Susu untuk Anak Kucing_Nutrivet Replacement
    Nutrivet Replacement

Jenis susu formula untuk kucing yang selanjutnya adalah susu nutrivet replacement yang berbentuk bubuk. Susu ini sesuai untuk semua jenis ras dan semua usia kucing. Namun baik juga diberikan pada anak kucing dan induk kucing. Susu ini sangat kaya akan kandungan suplemen yang akan mendukung anak kucing dalam masa pertumbuhannya.

  1. Susu Perkilac

    Pengganti Susu untuk Anak Kucing_Perkilac
    Perki-Lac

Pengganti susu untuk anak kucing yang terakhir adalah merek perkilac. Susu ini memang dibuat khusus hanya untuk anak kucing. Susu ini memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap dan kualitasnya sangat baik. Namun susu ini sulit didapatkan dan harganya terbilang cukup mahal. Anda bisa mendapatkan susu formula kucing merek ini di beberapa dokter hewan tertentu.

Susu terbaik yang seharusnya diberikan untuk anak kucing setelah lahir adalah susu dari induknya, karena mengandung kolostrum sebagai antibodi anak. Namun induk tidak bisa menyusui anak kucing langsung, terdapat banyak pengganti susu yang bisa diberikan untuk anak kucing dengan fungi dan kandungan nutrisi yang sama seperti susu dari induk kucing.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*