Manfaat Susu Kedelai untuk Kulit

manfaat susu kedelai untuk kulit

Manfaat Susu Kedelai untuk Kulit – Kita sering mendengar bahwa susu kedelai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Susu kedelai menyediakan suplemen yang bernutrisi dan menyehatkan bagi mereka yang intoleran terhadap laktosa atau memiliki alergi tertentu pada susu sapi. Banyak juga yang mengatakan bahwa ada manfaat susu kedelai untuk kulit karena memiliki nutrisi tertentu, sehingga bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit supaya kesehatan kulit tetap terjaga. Benarkah demikian?

Baca Juga : Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Menyusui

Susu kedelai berasal dari tanaman kacang kedelai. Sebagai makanan, bahan ini mengandung protein dengan kualitas yang tinggi. Selain protein, ada juga kandungan lain seperti serat dan isoflavone. Isoflavone adalah senyawa yang mengasilkan fitoestrogen, yang kemudian meningkatkan aktivitas estrogenik. Itu sebabnya, susu kedelai memiliki manfaat positif bagi kulit bila digunakan untuk bahan perawatan. Apa saja manfaatnya?

Manfaat Susu Kedelai untuk Kulit

manfaat susu kedelai untuk kulit
Susu Kedelai
  1. Menghambat Penuaan

Susu kedelai bisa menjadi bahan yang penting dalam berperan meningkatkan tingkat kolagen di dalam tubuh. Bagi wanita yang sedang mengalami menopause, maka produksi kolagen akan berkurang. Hal tersebut bisa dilihat dengan mengendurnya kulit karena protein yang diproduksi di epidermis perlahan-lahan mulai berkurang sering bertambahnya usia.

Kolagen memiliki fungsi untuk mengencangkan kulit dan juga memelihara elastisitas kulit. Biasanya, wanita mencari cara untuk menambah kolagen ke kulit dengan menggunakan krim wajah yang mengandung kolagen supaya level produksi yang berkurang bisa ditutupi. Umumnya, produk tersebut berupa krim kolagen atau pelembab yang banyak dijual di pasaran.

Namun, tidak ada salahnya dengan mencoba menambah kolagen dari dalam dengan mengonsumsi susu kedelai. Selain murah, manfaat susu kedelai untuk kulit yang satu ini bisa dilakukan di rumah dan pastinya tidak perlu menambah bahan pengawet atau bahan kimia berbahaya yang bisa mengancam kesehatan kulit karena residu yang menumpuk.

Caranya juga cukup mudah untuk mengaplikasikan ke kulit terutama wajah. Cukup gunakan kapas yang sudah dicelupkan ke dalam susu kedelai, lalu tempelkan ke wajah selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, cuci muka dengan air hingga bersih. Susu kedelai akan menjaga kulit dari keriput, kusam dan kulit kasar, sehingga penuaan dini bisa dicegah.

  1. Melembabkan kulit

Beberapa penelitian terhadap kandungan susu kacang kedelai membuktikan bahwa, jika susu dikonsumsi secara teratur, maka kelembaban kulit akan tetap terjaga. Kemampuan untuk melembabkan yang dimiliki oleh ekstraknya mampu membuat kulit menjadi lembut, enak ketika disentuh, juga jangka kelembabannya bertahan dalam waktu yang lama.

Susu kedelai juga mampu melawan tanda-tanda penuaan seperti kulit yang mudah kering. Kolagen yang ada pasa susu dapat membuat lembab hingga lapisan bawah epidermis, sehingga kulit tidak terlihat kasar dan kusam. Untuk melembabkan kulit, susu kedelai bisa diminum atau dijadikan masker sebelum tidur.

  1. Mengangkat sel kulit mati

Jika anda rajin menggunakan manfaat susu kedelai untuk kulit, ketahuilah bahwa kinerja lain yang sangat menguntungkan ialah mengangkat sel kulit mati. Dalam pemakaiannya, anda harus menjadikan susu sebagai masker yang sudah dicampurkan dengan sedikit gula pasir dan sesendok minyak zaitun.

Butiran gula yang halus akan bekerja dalam membuka pori-pori yang menyimpan kotoran, kemudian mengeluarkannya saat diusap ke wajah. Selain lebih alami, gula juga dapat memperbarui sel kulit yang terangkat. Sementara minyak zaitun akan berfungsi sebagai bahan yang nantinya membuat kulit lebih halus.

Setelah menggunakan masker atau dijadikan lulur selama dua hingga tiga menit, cuci wajah hingga bersih dengan air dingin. Air dingin akan menutup pori-pori yang terbuka karena luluran butir gula. Jika anda tidak sempat membuatnya, belilah krim yang berbahan utama ekstra susu kedelai. Selain lebih natural, susu kedelai tidak mengancam kesehatan atau meninggalkan residu.

  1. Melindungi dari sinar Ultra violet

Ada sebuah penemuan yang mengemukakan bahwa penggunaan topikal dari krim maupun pelembab yang berbahan dasar ekstra susu kedelai, dapat mengurangi risiko dari kemungkinan kanker kulit atau epidermis. Susu kedelai dapat menangkal sinar UV yang dapat menyebabkan pertumbuhan kanker, juga mengurangi inflamasi atau luka tertentu akibat paparan radiasi matahari.

  1. Mengembalikan kerusakan kulit akibat sinar matahari

Sebuah penelitian yang telah dipublikasi pada bulan April 2004 dan tercantum dalam “Journal of the American College of Nutrition” menunjukkan bahwa kandungan isoflavone dalam ekstra susu kedelai memiliki efek dalam pencegahan penuaan. Penuaan yang dimaksud adalah disebabkan oleh sinar UV yang merusak sel kulit. Penelitian dipelopori S.Y Kim dari Health Research Institute, Gyeonggi Korea Selatan.

  1. Mengontrol penyebab jerawat

Beberapa studi menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara susu dan jerawat. Para pakar kulit mengeluarkan pendapat bahwa mengonsumsi produk-produk berbahan susu dapat menyebabkan terjadinya jerawat. Produk berbahan susu sapi diketahui dapat memperparah kondisi kulit yang berjerawat sehingga kemunculannya akan sulit dikontrol.

Untuk itu, maka disarankan untik mengganti produk susu sapi yang dikonsumsi. Susu kedalai dapat dikategorikan sebagai pengganti yang tepat dari susu sapi. Itu sebabnya, beberapa produk seperti keji, es krim, susu kalengan dan susu skim kotal banyak menggunakan susu kedalai ketimbang susu sapi.

  1. Pelembab alami

Susu kacang kedelai secara khusus memiliki manfaat bagi orang-orang yang kulitnya bertipe kulit kombinasi. Susu kedelai kadang-kadang disebut sebagai pelembab alami karea kemampuanya untuk melembabkan kulit namun di sisi lain juga mengurangi minyak berlebih. Pelemban yang mengandung susu kedelai kemungkinan dapat menghaluskan dan melembutkan kulit sambil menjaga kulit dari kusam akibat cuaca maupun aktivitas di luar.

  1. Mengatasi keriput di wajah

Salah satu zat yang terkandung dalam senyawa isoflavone yang disebut sebagai aglycones terbukti untuk meningkatkan penampulan kulit yang menua, termasuk menghilangkan garis-garis dan keriput. Sebuah studi di Jepang mempublis jurnal di mana volunteer berusia 30-40 tahun yang menginsumsi aglycones sebanyak 40 mg.

Baca Juga : Jenis Susu yang Bagus untuk Masker Wajah

Hasilnya, dalam 12 minggu kulit mereka berubah karena tanda-tanda penuaan terutama di bagian wajah mulai berkurang. Studi ini dilakukan oleh T. Izumi dari Divisi Litbang Perusahaan Kikkoman di Jepang pada Februari 2007 dan menjadi salah satu publikasi di jurnal sains nutrisi dan ilmu vitamin. Hingga saat ini, penelitian lanjutan masih dijalankan.

  1. Mengencangkan kulit

Kulit yang kendur tidak hanya dialami oleh mereka mulai beranjak tua, tapi juga yang mengalami penurunan berat badan secara drastis. Susu kedelai dapat memancing produksi lebih banyak kolagen dan juga serat elastin. Kedua bahan tersebut nantinya akan bekerja sama dalam menjaga agar kulit tetap kencang. Karena semakin bertambahnya usia, serat dan kolagen akan melemah dan berefek buruk pada kulit.

Tidak hanya dalam bentuk susu, susu kedelai dalam krim juga membantu mencegah tanda-tanda yang diakibatkan oleh pengaruh sinar matahari seperti garis halus, warna kulit tidak merasa, dan kulit kasar. Meskipun ada tambahan bahan lain dalam krim, namun manfaat susu kedelai untuk kulit mampu mempertahankan kualitas kesehatan kulit.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*