Susu Kedelai Bubuk

susu kedelai bubuk

Susu kedelai bubuk adalah susu kedelai yang seluruh kandungan airnya telah dihilangkan, sama dengan susu sapi bubuk. Warna susu yang sudah diubah menjadi bubuk adalah putih keabu-abuan dan siap dicampur dengan air dingin atau air hangat. Beberapa perusahaan penghasil susu bubuk ada yang membuat bubuk murni, ada juga yang mencampurnya dengan komposisi lain seperti gula, perasa, dan kalsium.

Baca Juga : 10 Manfaat Susu Kedelai untuk Kulit

Meski tak sebanyak susu bubuk yang berasal dari sapi, susu kedelai bisa ditemukan di pasaran maupun dijual online. Maraknya susu kedelai disebabkan banyak orang yang alergi terhadap laktosa, alergi terhadap susu sapi, atau mencari kandungan protein dengan jumlah kadar gula dan lemak yang lebih rendah.

Manfaat Susu Kedelai Bubuk

  1. Praktis dan Ramah Lingkungan

Meski sudah menjadi bubuk, kandungan nutrisinya tidak berbeda dengan yang masih cair, hanya kandungan aornya saja yang tidak ada. Meski dalam prosesnya, air dihilangkan dengan cara diuapkan, namun kemasan bubuk dapat menghemat plastik dan kardus. Susu bubuk juga tidak mudah tumpah dan lebih mudah dibawa kemana-mana.

  1. Mengandung Kualitas Protein yang Tinggi

Bagi anda yang ingin mendapatkan minuman dengan kandungan protein yang tinggi, susu kedelai bisa menjadi pilihan. Terlebih jika anda sedang membentuk otot dan menaikkan masa tubuh tanpa harus takut kelebihan lemak dan kolesterol. Mengonsumsi susu juga dapat melancarkan pencernaan karena kandungan asam amino. Masukkanlah susu kedelai dalam menu dietari anda sehari-hari.

  1. Meningkatkan nilai nutrisi dalam makanan

Tidak hanya diseduh hingga menjadi susu biasa, susu kedelai bubuk bisa ditambahkan ke dalam bahan makanan lainnya. Penambahan tersebut tentunya dapat meningkatkan kapasitas nutrisi dalam makanan karena profil asam aminonya yang lengkap.

Protein banyak dicari oleh para atlet sebagai suplemen harian mereka agar tetap prima ketika latihan. Sebagai protein lengkap, susu kedelai mampu menawarkan banyak keuntungan. Ada sembilan macam asam amino yang berguna dan penting dalam menjaga kesehatan dan asupan nutrisi harian lengkap.

Sembilan asam amino dalam susu kedelai ialah lysine, phenylalanine, valine, methionine, tyrosine, isoleucine, tryptophan, cysteine dan threonine. Kombinasi semua asam amino tersebut dapat membantu pembentukan dan perkembangan otot. Sementara masing-masing asam amino juga memiliki manfaatnya masing-masing.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Mengurangi risiko terserang penyakit jantung koroner sama saja manfaatnya dengan menambah taraf hidup meski hanya sehari. Telah dibuktikan melalu penelitian bahwa susu kedelai bubuk dapat mengurangi risiko penyakit jantung, yang secara spesifik adalah kemampuannya untuk mengurangi kolesterol dalam darah. Diet makanan tinggi kolesterol memanglah penting.

Hasil dari beberapa studi klinis mengindikasikan bahwa penggunaan susu kedelai berbentuk bubuk dapat mengurangi tingkat kolesterol LDL. Kolesterol ini memiliki densitas lipoprotein yang rendah sehingga sangat buruk bagi tubuh. Dengan menurunkan kolesterol LDL dan memiliki level yang seimbang, maka penyakit jantung bisa dihindari dalam jangka panjang.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan protein pada susu kedelai bubuk mengandung isoflavone, zat yang juga terdapat pada kacang kedelai. Penelitian membuktikan bahwa kandungan ini mampu mengurangi risiko beberapa tope kanker yaitu kanker payudara, prostate dan usus. Tidak hanya kanker, zat bioaktif tersebut juga dapat mengurangi potensi osteoporosis di masa usia lanjut.

Isoflavone biasanya ditemukan pada tanaman, namun kandungannya sangat tinggi pada kacang kedelai. Pada tubuh, isoflavone berfungsi sebagai hormon estrogen, yaitu menghidupkan fungsi proteksi. Estrogen tersebut nantinya bertindak sebagai zat yang menghambat pertumbuhan sel kanker, melindungi kerusakan sel, dan juga gangguan kulit.

Bukti bahwa susu kedelai memiliki manfaat dari isoflavone dan proteinnya tidak hanya tertulis dalam berbagai jurnal penelitian, tetapi juga negara-negara yang penduduknya mengonsumsi banyak produk kedelai. Terutama negara yang banyak meminum susu kedelai, mereka cenderung tidak memiliki risiko terhadap penyakit kanker.

  1. Tubuh menjadi lebih atletis

Manfaat susu kedelai yang dikenal secara umum adalah kemampuannya untuk meningkatkan performa atletis, yang twrkait dengan adanya zat bioaktif bernama isoflavone. Zat tersebut memberi efek yang mirip dengan aktioksidan, di mana fungsinya mempercepat pemulihan, mengurangi nyeri otot dan pencegahan inflamasi.

Dan tentunya, adanya kandungan asam amino daalam jumlah banyak pada susu kedelai memainkan peran untik meningkatkan kemampuan performa saat berolahraga. Dengan mengonsumsi susu kedelai dan olahraga secara teratur, para atlet dapat memperbesar dan memperkuat jaringan otot mereka.

Dalam beberapa kasus, atlet tidak hanya memenuhi kebutuhan perkembangan otot hanya dengan susu kedelai, tapi juga protein gandum. Alasannya karena kandungan protein dalam dua bahan tersebut saling melengkapi satu sama lain. Beberapa asam amino di dalamnya bekerja dengan baik bagi pencernaan ketika penggunaannya dikombinasikan.

  1. Harganya lebih murah

Banyak suplemen yang berharga sangat mahal, namun bukan berarti anda tidak bisa mendapatkan harga yang murah. Susu kedelai dalam bentuk bubuk memiliki keterjangkauan harga bagi mereka yang ingin memiliki asupan protein lebih banyak. Karena fungsinya sama dengan susu sapi, maka anda tidak perlu khawatir soal budget karena susu kedelai bisa menggantikannya.

  1. Baik diminum bagi wanita

Konsumsi susu kedelai dapat meningkatkan manfaat tambahan bagi wanita. Kandungan protein di dalamnya memiliki keunikan yang tidak dimiliki susu lain, yaitu membantu mencegah gejala-gajala terkait menopause, perlindungan kesehatan tulang dan mengurangi risiko kanker payudara. Dan lagi, manfaat tersebut didapatkan dari senyawa isoflavone dan asam amino yang terdapat dalam susu kedelai. Baca Juga :  Bolehkah Susu Kedelai diminum oleh Ibu Hamil?

  1. Menjaga densitas tulang

Nagi wanita yang sudah mengalami menopause, menggunakan susu kacang kedelai memiliki egek positif bagi tulang, yaitu memilahara densitasnya agar tetap kuat. Saat menopause, hormon estrogen berkurang sehingga susu kedelai akan menggantikan kekurangan tersebut. Semakin bertambahnya usia, maka densitas tulang yang tetap terjaga harus dimiliki agar aktivitas bisa berlanjut seperti biasanya.

  1. Suplemen untuk lemak di perut

Susu kedalai yang dikonsumsi setiap hari bisa menjadi pilihan yang terbaik bagi siapapun yang ingin menghilangkan lemak di perut atau menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian, protein pada susu kedelau mampu mereduksi lemak-lemak yang ada di perut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, penggunaan susu untuk menu sehari-hari tidak hanya menghilangkan lemak di perut tetapi juga lemak di bawah kulit.

  1. Membantu koagulasi darah

Koagulasi darah diperlukan bagi luka pada tubuh. Jika tubuh tak mampu memenajemen ini, akibatnya luka akan sukar menutup dan pasti menyakitkan bagi penderitanya. Koagulasi membutuhkan zat seperti asam lemak, omega-3 dan vitamin K yang biasanya terkandung pada makanan seperti ikan-ikanan. Jika anda tidak suka ikan, maka fungsi tersebut bisa digantikan susu kedelai karena mengandung omega-3 yang dapat mengkoagulasi darah.

  1. Mencegah obesitas

Protein pada susu kedelai bubuk dapat mengontrol hipoglikemia dan menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, susu juga mampu menjaga kadar gula darah tetap stabil meski nutrisinya sama dengan susu yang lainnya. Orang yang mengonsumsi tidak perlu khawatir dengan obesitas dan juga aman bagi mereka yang menderita diabetes.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*